KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Ditunjuk Presiden Jadi Calon Panglima TNI Gantikan Jenderal Andika

KSAL Yudo Margono Ditunjuk Presiden Jadi Calon Panglima TNI
KSAL Yudo Margono Ditunjuk Presiden Jadi Calon Panglima TNI (Foto : Dok. Dinas Penerangan Angkatan Laut.)

Antv – Kepala Kesatuan Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono disebut-sebut sebagai calon kuat jadi Panglima TNI, menggantilam Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Laksamana TNI Yudo Margono merupakan perwira tinggi TNI-AL yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut ke-27 sejak tanggal 20 Mei 2020.

Ditunjuknya Laksamana Yudo Margono menjabat Panglima TNI oleh Presiden Jokowi dibenarkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

”Pak Yudo,” ucap Pratikno, Kamis (24/11/2022).

Sementara itu, anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin menyebutkan bahwa dalam waktu dekat Komisi I akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI, sesuai dengan surat presiden (surpres) yang akan diterima oleh Ketua DPR Puan Maharani pada Senin (28/11/2022) pekan depan.

TB Hasanuddin juga menyinggung dan memberi syarat kepada calon Panglima TNI pengganti Andika Perkasa, yakni harus mampu menyelesaikan lima masalah ini.

“Ada lima poin pertanyaan untuk calon Panglima TNI dan (di)prediksi pertanyaan-pertanyaan Komisi I akan berkisar di lima masalah. Pertama, bagaimana upaya Panglima TNI (dalam) menjaga dan meningkatkan disiplin para prajurit TNI, yang kalau menurut data yang ada, akhir-akhir ini sedikit menurun,” terang Hasanuddin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (24/11/2022).