Kemendagri dan Kemenlu Kolaborasi Terbitkan KTP Digital WNI

Salah seorang warga menunjukkan KTP digitalnya.
Salah seorang warga menunjukkan KTP digitalnya. (Foto : Kemendagri)

Antv –Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh kembali memenuhi undangan Ditjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri untuk memberikan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data, Pendataan dan Penerbitan KTP Digital bagi WNI di kawasan Australia dan New Zealand.

Kegiatan dimulai pada Senin (21/11/2022) hingga Jumat (25/11/2022) bertempat di KJRI Perth, Australia Dubes RI untuk Australia Siswo Pramono berkenan membuka kegiatan, dilanjutkan oleh Pembicara Kunci oleh Sekjen Kemenlu Cecep Herawan, serta pengarahan oleh Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh.

Hadir pula dalam pembukaan Bimtek, Dubes RI untuk Selandia Baru, Fientje Suebu.

Bimtek yang dimulai Selasa (22/11/2022) diikuti oleh pelaksana fungsi konsuler dan tim teknis, utusan enam Perwakilan RI dari 2 negara, Australia dan New Zealand, yaitu KBRI Canberra, KJRI Melbourne, KJRI Perth, KJRI Sydney, Konsulat RI Darwin, dan KBRI Wellington.

Masing-masing perwakilan mengirimkan 2 orang peserta yang hadir secara luring, dan staf lainnya hadir secara daring. Dalam kesempatan ini Tim Teknis Dukcapil memberikan pelatihan meliputi asistensi teknis terhadap penggunaan VPN F5 Kemendagri, sistem SIAK Terpusat Luar Negeri, dan Perekaman Biometrik KTP-el.

Sekjen Kemenlu Cecep Herawan sebagai Keynote Speaker menyampaikan, Bimtek ditujukan agar peserta dapat mendapatkan pemahaman secara lebih dalam dan menyeluruh mengenai tata laksana pemutakhiran data dan pendataan WNI.

"Tujuan besar kolaborasi Kemenlu dan Kemendagri adalah memberikan perlindungan yang lebih besar dan optimal kepada seluruh WNI di mana pun berada," kata Sekjen Cecep Herawan.