PMI Siap Terjunkan Hagglund ke Daerah Terisolir Akibat Gempa Cianjur

PMI membantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.
PMI membantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat. (Foto : PMI)

Antv –Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat siap mengerahkan kendaraaan jenis Hagglund untuk daerah-daerah yang masih terisolir pasca gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Senin, (21/11/2022), kemarin.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla atau JK, dalam live zoom di Jakarta, Selasa, 22 November 2022.

"Kita tunggu laporan hari ini dan jika diperlukan karena masih ada daerah yang terisolir, PMI siap kerahkan dua unit Huggland," tegas JK di kediamannya.

JK menambahkan, huggland merupakan kendaraan khusus yang bisa digunakan di jalan-jalan atau medan yang susah dilewati, khususnya di daerah yaang terisolir. PMI siap setiap saat mengirimkan kendaraan tersebut jika masih terdapat daerah yang sulit dijangkau.

Sebagai bantuan awal, JK mengatakan, PMI telah mengerahkan sejumlah bantuan dalam membantu korban gempa Cianjur di masa tanggap darurat tersebut. Mereka yng dikirim adalah relawan PMI yang berada di daerah terdekat dari lokasi bencana.

"Sejak tadi malam sudah 200-an relawan PMI sudah berada di Cianjur membantu mengatasi tanggap darurat," ujarnya.

Adapun bantuan yang dibawa berupa 10 mobil ambulance, mobil tangki, mobil operasonal, dokter-dokter serta logistik. Bantuan PMI tersebut akan mendukung prioritas aksi yang dilakukan dimasa tanggap darurat seperti mengoperasaikan tenda-tenda, penyediaan makanan, layanan pengobatan dan penyaluran logistik lainnya.