Wamendagri Ajak Dukung Persiapan Peresmian Provinsi Papua Barat Daya

Wamendagri minta masyarakat dukung Provinsi Papua Barat Daya.
Wamendagri minta masyarakat dukung Provinsi Papua Barat Daya. (Foto : Kemendagri)

Antv –Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah Sorong Raya untuk bergotong royong mendukung persiapan peresmian Provinsi Papua Barat Daya.

Wempi menjelaskan, pihaknya mewakili pemerintah pusat mengaku bangga dapat hadir di hadapan seluruh masyarakat.

"Ini semua adalah doa dan perjuangan kita semua, sehingga Papua, Provinsi Papua Barat Daya bisa disahkan oleh DPR tanggal 17 November 2022 kemarin. Kita boleh berbangga, bayi (Provinsi Papua Barat Daya) yang baru lahir ini kita harus rawat dia baik-baik," ujar Wempi pada acara Kunjungan Kerja Wamendagri bersama Anggota Komisi II DPR RI dan Komite I DPD RI dalam rangka Persiapan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi Papua Barat Daya di Gedung Jitmau Kota Sorong, Senin (21/11/2022).

Dia melanjutkan, momentum pemekaran tersebut menjadi langkah penting. Sebab menjadi peluang bagi Orang Asli Papua (OAP) untuk semakin berdaya di atas tanahnya sendiri.

Selain itu, kata dia, lahirnya kebijakan otonomi khusus (Otsus) agar harapan OAP yang hendak menjadi tuan di negerinya sendiri dapat terwujud. Karena itu, Wempi memacu agar berbagai pihak dapat bersinergi untuk bisa mengangkat harkat, derajat, dan martabat OAP.

Wempi tak memungkiri, lahirnya Provinsi Papua Barat Daya menjadi tantangan tersendiri. Namun dirinya percaya, dengan semangat baru dan kerja keras menyeluruh, harapan agar OAP dapat hidup lebih baik dapat diwujudkan.

Dirinya menambahkan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga berkomitmen melakukan percepatan untuk peresmian Provinsi Papua Barat Daya serta persiapan pelantikan Penjabat Gubernur.