Video Viral Detik-detik Mobil Damkar Ditabrak Pesawat Penumpang saat Lepas Landas

Detik-detik Mobil Damkar Ditabrak Pesawat Penumpang
Detik-detik Mobil Damkar Ditabrak Pesawat Penumpang (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Sebuah video memperlihatkan detik-detik sebuah pesawat penumpang yang sedang lepas landas di Bandara Lima, Peru, menabrak sebuah truk pemadam kebakaran (Damkar) dan menghantam landasan.

Sedikitnya dua petugas pemadam kebakaran tewas dalam insiden ini, sedangkan 102 penumpang yang ada di dalam pesawat berhasil selamat.

Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (19/11/2022), insiden itu terjadi saat pesawat penumpang milik maskapai LATAM sedang lepas landas di Bandara Internasional Jorge Chavez pada Jumat (18/11/2022) waktu setempat.

Rekaman yang diambil oleh saksi mata dan disiarkan oleh saluran televisi Peru menunjukkan pesawat - Airbus A320, menurut situs pelacakan pesawat - lepas landas dengan kecepatan penuh dan menabrak truk pemadam kebakaran, juga melaju dengan kecepatan tinggi.

Pesawat melanjutkan jalurnya dengan sisi kanannya menyeret sepanjang landasan, mengirimkan jejak api dan asap. Bagian belakang pesawat terbakar parah.

Mitra Bandara Lima (LAP) yang mengoperasikan bandara Jorge Chavez mengatakan "sangat menyesalkan hilangnya nyawa dua anggota Brigade Pemadam Kebakaran Aeronautika LAP dalam kecelakaan yang terjadi antara mobil pemadam kebakaran dan pesawat yang mengoperasikan penerbangan LA2213 dari Lima ke Juliaca. "