Tim SAR Gabungan Temukan Jenazah Terakhir Korban Tanah Longsor di Gowa, Sulsel

Tim SAR Gabungan Temukan  Jenazah Terakhir Korban Tanah Longsor
Tim SAR Gabungan Temukan Jenazah Terakhir Korban Tanah Longsor (Foto : Dok. Basarnas)

Antv – Jenazah korban terakhir terindentifikasi atas nama Muh Royan (6) yang terseret tanah longsor di Desa Lonjoboko, Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, akhirnya ditemukan Tim SAR Gabungan.

"Korban ditemukan sekitar 16 kilometer dari lokasi kejadian Minggu, pukul 20.15 Wita di dekat pintu air bendungan Bili-Bili Kabupaten Gowa," ujar Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, Minggu malam (20/11/2022).

Jasad korban ditemukan setelah hari kelima Tim SAR Gabungan melakukan pencarian. Dari penemuan jenazah ini, kata dia, total ada tujuh korban yang dinyatakan meninggal dunia akibat musibah tanah longsor yang terjadi pada Rabu (16/11/2022) lalu di dua lokasi berbeda.

Usai penemuan jenazah korban langsung dievakuasi dan diserahkan ke pihak DVI Polda Sulsel untuk proses identifikasi lebih lanjut.

"Dengan hasil ini, maka seluruh korban yang dilaporkan hilang telah ditemukan. Operasi SAR dinyatakan ditutup," kata Djunaidi.

Selama operasi SAR, dalam proses pencarian lima hari telah melibatkan puluhan Tim SAR Gabungan dari berbagai unsur seperti Basarnas, Polri, TNI, Pemda Gowa hingga Pemprov Sulsel, serta organisasi potensi SAR lainnya ikut memberi dukungan dalam pencarian.

Selain itu, dua alat berat ekskavator digunakan untuk membuka akses dan memindahkan material longsor di lokasi kejadian untuk membantu pencarian.