Sedikitnya 238 Warga Korban Banjir Dievakuasi oleh Petugas BPBD Kota Medan

238 Warga Korban Banjir Dievakuasi oleh Petugas BPBD Kota Medan
238 Warga Korban Banjir Dievakuasi oleh Petugas BPBD Kota Medan (Foto : Instagram)

Antv – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan mengevakuasi 238 warga terdampak banjir setinggi lebih dari satu meter di Kota Medan, Sumatera Utara.

"Jumlah warga yang kita evakuasi malam tadi 238 orang akibat banjir lebih sepinggang orang dewasa," ujar Kepala BPBD Kota Medan, M Husni di Medan, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (19/11/2022).

Ratusan warga Kota Medan itu berasal dari tujuh kelurahan dengan lima kecamatan, di antaranya 37 warga Tanjung Rejo di Medan Sunggal dievakuasi ke Masjid Al-Huda.

Lalu 82 warga Cinta Damai di Medan Helvetia, 44 warga Gang Merdeka, Gang Fajar dan Gang Pelita II, Sei Mati di Medan Maimun dan 35 warga Lingkungan IV, Aur di Medan Maimun.

Diketahui, bencana banjir disebabkan tingginya curah hujan melanda di Kota Medan, dan bersamaan hujan di daerah pegunungan mengalir ke daerah aliran sungai di Medan, Jumat (18/11/2022) sore.

BPBD Kota Medan mencatat total sebanyak 5.907 jiwa terdampak banjir dari 1.843 kepala keluarga dengan 1.699 unit rumah terendam di 18 kelurahan dengan sembilan kecamatan.

"Kita fokus melakukan evakuasi warga sesuai instruksi Pak Wali, keselamatan yang paling utama. Kemarin petugas kita terus menyisir," ujarnya.