Gempar, Dua Jenazah Masih Utuh, Padahal Sudah Dikubur Belasan Tahun

Gempar, Dua Jenazah Masih Utuh, Padahal Sudah Dikubur Belasan Tahun
Gempar, Dua Jenazah Masih Utuh, Padahal Sudah Dikubur Belasan Tahun (Foto : antvklik-Dewi Rina)

Antv – Warga di Dusun Mindi, Desa Sugihwaras, Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, gempar dengan temuan dua jenasah terkubur belasan tahun, keadaannya masih utuh di tempat pemakaman desa setempat.

Dua makam tersebut awalnya diketahui saat hendak dipindahkan ke lokasi lain oleh keluarganya, karena posisi makam berada di tebing sungai yang longsor akibat tergerus banjir. Namun, saat dibongkar mereka terkejut, sebab kain kafan pembungkus jenazah masih utuh.

"Sengaja dipindahkan karena kekhawatiran keluarga jika terjadi longsor susulan. Ternyata kondisinya jenasah masih utuh kain kafannya. Alhamdulillah saya ingat masih kecil, mereka tidak pernah meninggalkan sholat," ujar cicit almarhum Teguh Susilo, Sabtu (19/11/2022).

Sementara itu, Camat Sugihwaras Laela Nor Aeny membenarkan kabar tersebut saat dikonfirmasi terkait kejadian tersebut. Namun, dia tidak bisa memastikan apakah kondisi jasad di dalamnya juga masih utuh atau tidak.

"Saya tidak melihat langsung kejadiannya, namun posisi makam memang berada rawan kena longsor akibat gerusan air sungai", kata Camat Laela Nor Aeny.

"Memang pihak keluarga atas persetujuan pihak desa akan memindahkan posisi makam tersebut, yang diketahui berjenis laki-laki dan perempuan yang dikuburkan 12 tahun yang lalu," lanjutnya. 

Khawatir ada longsor susulan makan dipindahkan kedua makam tersebut. Menurut beberapa sumber diduga kedua jenazah tersebut kakak beradik. Dan telah dimakamkan kembali oleh warga setempat.