BMKG Ramalkan Potensi Hujan Ringan Hingga Lebat di Sejumlah Kota Hari Ini

Ilustrasi mengemudi saat hujan deras.
Ilustrasi mengemudi saat hujan deras. (Foto : Viva - ADM)

AntvBMKG meramalkan potensi hujan ringan hingga lebat terjadi di sejumlah kota di Indonesia. Hujan berpotensi disertai petir dan angin kencang.

Mengutip situs BMKG, pada Kamis 17 November 2022, terdapat potensi hujan petir dan lebat di kota Yogyakarta, Surabaya, Samarinda, Bandar Lampung, Mataram, Ambon, Padang, dan Pelembang.

Kemudian, hujan sedang di kota Serang, Bengkulu, Bandung, dan Manado. Sedangkan, pada Kamis siang hujan ringan juga diperkirakan bakal mengguyur Denpasar, Jakarta Pusat, Jambi, Banjarmasin, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Kupang, Pekanbaru, Makassar, dan Kendari.

Seperti diberitakan VIVA.co.id, Pada Kamis siang hujan ringan juga diperkirakan bakal mengguyur Denpasar, Jakarta Pusat, Jambi, Banjarmasin, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Kupang, Pekanbaru, Makassar, dan Kendari.

BMKG mengemukakan, bibit siklon Tropis 94S terpantau di Samudera Hindia barat Lampung, dengan kecepatan angin maksimum mencapai 25 knot dan tekanan minimum 1006 hPa.

Bibit siklon tropis ini cenderung bergerak ke arah tenggara dengan potensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada pada kategori sedang.

Sistem ini membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Kep. Nias hingga Samudra Hindia barat Banten dan di Samudra Hindia barat daya Banten, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) dari Samudra Hindia selatan Bali hingga barat daya Banten.