Dukung Sail Tidore 2022, TNI AL Kerahkan KRI Teluk Palu

Dukung Sail Tidore 2022, TNI AL Kerahkan KRI Teluk Palu
Dukung Sail Tidore 2022, TNI AL Kerahkan KRI Teluk Palu (Foto : antvklik-Era Canggih)

Antv – Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono berangkatkan KRI Teluk Palu dari JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, guna mendukung kegiatan Sail Tidore 2022

Mengusung tema “Tidore kota warisan duta perekat bangsa”, acara ini akan berlangsung di Dermaga Tugulifa Kota Tidore, Maluku Utara pada tanggal 24 hingga 29 november mendatang.

Untuk mendukung Sail Tidore, TNI AL melakukan acara pelepasan satgas Surya Baskara Jaya (SBJ) 70 dan Satgas Pelayaran Pembinaan Karakter Maritim (PPKM). Sebanyak 493 orang dari 34 kontingen daerah mengikuti pelayaran yang akan menempuh rute Jakarta-makasar-ternate dan selanjutnya berlabuh di tidore. 

Selama pelayaran mereka akan diberikan pembekalan kepemimpinan, kedisiplinan, kepramukaan, wisata bahari dan bakti sosial. 

“Kita harapkan bahwa semua pemuda ini menyadari betul bahwa mereka hidup dan ditakdirkan Tuhan, menjadi bangsa yang hidup di lingkungan kepulauan,

lingkungan maritim, kenapa ini ditekankan? Kita ketahui bersama bahwa potensi maritime banyak yang belum dioptimalkan pemanfaatannya ”, ungkap Laksdya Ahmadi Heri Purwoko.

Pada perhelatan Sail Tidore 2022, TNI AL bertanggung jawab dalam bidang sinergi kemaritiman, bertugas mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan flying pass, free fall, para motor, kegiatan sosial dan pengobatan diatas KRI wahidin sudirohusodo dan KRI Dokter Suharso.