Presiden Prancis Terpantau Jalan Kaki 2 Kilometer Usai Gala Dinner di GWK

Petugas gabungan kawal Presiden Prancis saat jalan kaki di Bali.
Petugas gabungan kawal Presiden Prancis saat jalan kaki di Bali. (Foto : Polri)

Antv –Upaya Polri dalam melakukan pengamanan pada KTT G20 mendapatkan hasil yang baik. Buktinya, Presiden Prancis Emmanuel Macron merasa aman dan nyaman ketika berjalan kaki sepanjang 2 kilometer usai selesai dari Gala Makan Malam di Garuda Wisnu Kencana (GWK), pada Selasa (15/11/2022).

Macron turun dari mobil jalan dari Simpang Uluwatu sampai dengan Politeknik Bali, Jimbaran, sekitar pukul 22.20 WITA. Pihak kepolisian yang tengah berjaga siaga bersama pengawal presiden untuk mengawal orang nomor satu di Prancis itu.

"Alhamdulillah beliau mulai jalan kaki dari pintu keluar GWK sampai depan Politeknik sejauh 2 kilometer," kata Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam keterangannya, Selasa malam.

Mantan Kapolda Riau itu mengatakan, Polri siap dengan berbagai perubahan pengamanan seperti yang terjadi ketika Macron mendadak turun dari mobil tersebut.

"Prinsipnya Polri akan menyesuaikan dengan kegiatan objek pengamanan, dengan didukung perangkat CCTV dan yang lain untuk memastikan situasi dapat dikendalikan," tandasnya.

Ia menambahkan bahwa Polri telah mempersiapkan pengamanan untuk KTT G20 selama setahun 1 tahun belakangan ini.

"Kita bersyukur bahwa para pimpinan dunia yang menjadi anggota KTT G20 merasa aman dan terkesan dengan keramahan masyarakat Bali," tambahnya.