Biden dan Xi Jinping Bertemu Jelang KTT G20 Ditengah Konflik Ukraina

Pemimpin China Xi Jinping dan Presiden AS Biden bertemu jelang G20.
Pemimpin China Xi Jinping dan Presiden AS Biden bertemu jelang G20. (Foto : Reuters)

Antv –Pemimpin China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden bertemu pada Senin (14/11/2022) untuk pembicaraan yang telah lama ditunggu-tunggu. Pertemuan tersebut terjadi ketika hubungan antar negara mereka berada pada titik terendah dalam beberapa dekade ini.

Hubungan telah rusak terkait ketidak sepakatan atas sejumlah masalah termasuk persoalan Taiwan.

Keduanya, mengadakan pembicaraan tatap muka pertama mereka sejak Biden menjadi presiden. Mereka bertemu di Pulau Bali menjelang KTT Kelompok 20 (G20) yang akan dilaksanakan pada hari Selasa (15/11/2022) yang akan diwarnai dengan penuh ketegangan terkait atas invasi Rusia ke Ukraina.

Biden dan Xi tampak berjabat tangan di depan deretan bendera China dan AS saat mereka bertemu di hotel Mulia di teluk Nusa Dua Bali. Mereka diharapkan membahas sejumlah isu terkait ambisi nuklir Taiwan, Ukraina dan Korea Utara. T

ermasuk isu-isu yang juga akan membayangi G20 yang diadakan tanpa kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mewakili Putin di KTT G20. Kemunculan Rusia merupakan yang pertama sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari. Kremlin mengatakan Putin terlalu sibuk untuk hadir.

Xi tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20 pada hari Senin (14/11/2022). Sedangkan Biden tiba pada hari Minggu (13/11/2022).