Turki Tangkap 22 Tersangka Pemboman Istanbul yang Didalangi Militan Kurdi

Polisi berjaga usai ledakan di Istanbul Turki.
Polisi berjaga usai ledakan di Istanbul Turki. (Foto : Reuters)

Antv –Pemerintah Turki menemukan militan Kurdi menjadi dalang dalam ledakan yang menewaskan enam orang di trotoar jalan pusat perbelanjaan utama di Istanbul.

Polisi menjelaskan sudah menangkap 22 tersangka termasuk orang yang diduga memasang bom pada Senin (14/11/2022). Televisi negara TRT merilis sebuah rekaman polisi mengawal seorang wanita yang menjadi tersangka utama.

Wanita tersebut ditangkap dalam sebuah apartemen setelah penggerebekan semalam.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan milisi YPG Kurdi Suriah, yang menurut Ankara adalah sayap PKK, bertanggung jawab atas serangan di Istiklal Avenue tersebut. Saat kejadian lokasi tersebut sedang dipadati pengunjung pada hari Minggu (13/11/2022).

Wanita dengan rambut keriting dan jumper ungu dengan tulisan 'New York' di atasnya, terlihat dibawa ke markas polisi dalam rekaman TRT tersebut. Polisi menggunakan seekor anjing untuk menggeledah apartemen dan menemukan emas, uang, dan amunisi.

Sebelumnya, enam warga Turki masing-masing dua anggota dari tiga keluarga tewas dalam serangan itu. Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab, namun penyidikan polisi menyebut militan Kurdi ada dibalik serangan tersebut.

Ratusan orang melarikan diri setelah ledakan di Istiklal Avenue, tempat yang populer bagi para pembelanja dan turis dengan jalur trem yang membentang. Daerah di distrik Beyoglu yang merupakan kota terbesar di Turki itu ramai seperti biasa pada akhir pekan.