Diguyur Hujan Deras Sejak Sore, Tebing Setinggi 10 Meter di Puspahiang Longsor

Diguyur Hujan Deras, Tebing Setinggi 10 Meter di Puspahiang Longsor
Diguyur Hujan Deras, Tebing Setinggi 10 Meter di Puspahiang Longsor (Foto : antvklik-Denden Ahdani)

Antv – Tebing setinggi 10 meter di Jalan Raya Puspahiang - Taraju, tepatnya di Kampung Potongan, Desa Puspajaya, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, longsor.

Material longsoran menutup sebagian besar bahu jalan yang mengakibatkan kendaraan roda empat dan roda dua terganggu.

Kapolsek Puspahiang Polres Tasikmalaya, Iptu Dedi Haryana mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu (13/11/2022) malam, setelah wilayah tersebut diguyur hujan sejak sore.

Selain diakibatkan oleh curah hujan tinggi, penyebab longsor yang menutup jalan Kabupaten itu juga adalah kontur tanah yang labil.

"Tanah longsor menutup jalan utama yang berstatus jalan kabupaten, sehingga lalu lintas di kawasan tersebut terganggu," Kata Kapolsek Puspahiang, Iptu Dedi Haryana, Minggu (13/11/2022) malam.

Karena banyaknya material longsoran berupa tanah dan lumpur serta pohon tumbang yang menutup sebagian besar jalan, pihak Kepolisian Polsek Puspahiang, Satuan Sabhara Polres Tasikmalaya, BPBD dan Tagana Kabupaten Tasikmalaya serta dibantu warga sekitar, berjibaku melakukan evakuasi material longsor, agar jalan secepatnya bisa dilalui.

"Ya pembersihan material juga dilakukan petugas gabungan Polsek, Polres, BPBD dan Tagana Kabupaten Tasikmalaya. Serta dibantu oleh warga sekitar tempat longsoran terjadi," ucap Dedi.