Haul ke-15 Pakoe Buwono XII, Gusti Moeng: Sinuhun Layak Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Sinuhun Pakoe Buwono XII Layak Dapat Gelar Pahlawan Nasional
Sinuhun Pakoe Buwono XII Layak Dapat Gelar Pahlawan Nasional (Foto : antvklik-Effendy Rois)

Antv – Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta, GKR. Wandansari Koes Murtiyah, mengatakan bahwa Sri Susuhunan Pakoe Buwono XII, layak mendapatkan gelar pahlawan nasional oleh negara.

Menurut Gusti Moeng, selama memimpin kerajaan (Keraton Surakarta), PB XII banyak memberikan sumbangsihnya tidak hanya untuk republik ini namun juga untuk perdamaian dunia.

Sejarah mencatat, PB XII, merupakan raja pertama yang menggabungkan wilayah kerajaannya ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, PB XII juga merupakan seorang pejuang yang bersama masyarakat melawan penjajah. Atas perjuangannya PB XII mendapat penghargaan Bintang Gerilya angkatan 45.

"Tidak hanya di Republik ini, PB XII juga banyak menerima penghargaan atas kiprahnya menjaga perdamaian dunia di perang dunia 1 dan 2, juga mendapat anugrah dari perkumpulan agama se dunia sebagai bapak perdamaian dunia," terang Gusti Moeng, di acara peringatan Haul PB XII ke-15 di Sitihinggil, Keraton, Sabtu (12/11/2022).

Dari penghargaan-penghargaan yang telah diterima oleh Sinuhun (PB XII), imbuh Gusti Moeng, pemerintah atau negara harusnya sudah bisa menetapkan PB XII sebagai pahlawan nasional.

"Walaupun memang ada tahapan tahapannya (penerapan pahlawan nasional), namun apa yang sudah diterimanya itu sudah menjadi satu syarat yang mutlak Sinuhun PB XII bisa diangkat sebagai pahlawan nasional," tukas Gusti Moeng.