Presiden Jokowi Bertemu dengan PM Singapura Lee Hsien Loong, Ini yang Dibahas

Presiden Jokowi Bertemu dengan PM Singapura Lee Hsien Loong
Presiden Jokowi Bertemu dengan PM Singapura Lee Hsien Loong (Foto : BPMI Setpres)

AntvPresiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Kamis malam (10/11/2022).

Pertemuan itu terjadi saat Presiden Jokowi mengakhiri agenda hari pertama dalam penyelenggaraan KTT ASEAN Kamboja di Phnom Penh. 

Dalam keterangannya usai pertemuan di Hotel Sofitel Phnom Penh, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan ada beberapa isu yang dibahas Presiden Jokowi dan PM Lee, yaitu soal G-20, isu Myanmar dan rencana pertemuan leaders’ retreat pada tahun depan.

"Mengenai G20, Singapura menyampaikan dukungan penuh kepada Presidensi G20 Indonesia dan Perdana Menteri Singapura kembali memberikan konfirmasi akan hadir sebagai salah satu undangan," kata Menlu Retno, seperti dikutip dari Antara, Kamis (10/11/2022)

Selanjutnya mengenai isu Myanmar, kedua pemimpin menyampaikan kekecewaannya atas situasi di Myanmar saat ini.

"Kedua pemimpin menyampaikan kekecewaan terhadap tidak adanya komitmen junta militer Myanmar dalam mengimplementasikan 5-point consensus," tandas Retno.

Terakhir, kedua pemimpin sepakat akan melakukan leaders’ retreat pada kuartal pertama tahun 2023 dengan tuan rumah Singapura.