Presiden Rusia Vladimir Putin Dipastikan Tidak Hadir di KTT G-20 di Bali

Presiden Rusia Vladimir Putin Dipastikan Tidak Hadir di KTT G-20
Presiden Rusia Vladimir Putin Dipastikan Tidak Hadir di KTT G-20 (Foto : Reuters)

AntvPresiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tidak akan menghadiri KTT G-20 di Bali minggu depan, 15-16 November 2022. 

Kepastian itu disampaikan Kedutaan Besar Rusia di Indonesia, seperti dikutip dari AFP, Kamis (10/11/2022).

"Saya dapat mengkonfirmasi bahwa (menteri luar negeri) Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia ke G20. Rencana Presiden Putin masih digarap, dia bisa berpartisipasi secara virtual," kata Yulia Tomskaya, Kepala Protokol Kedutaan Rusia di Jakarta.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan, sudah mendapat indikasi kuat bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan melewatkan KTT G-20 di Bali. Jokowi mengatakan hal ini, setelah melakukan percakapan dengan Putin pekan lalu.

Seperti diketahui, saat ini Rusia masih berperang dengan Ukraina. Rusia juga mendapatkan kecaman kuat dari negara-negara lain atas invasinya ke Ukraina. Sejumlah sanksi pun dijatuhkan kepada Rusia.

Sebagai tuan rumah G-20, Indonesia menolak tekanan dari negara-negara Barat dan Ukraina untuk tidak mengundang Rusia dari pertemuan puncak para pemimpin dan mengeluarkannya dari kelompok tersebut, dengan mengatakan tidak memiliki wewenang untuk melakukannya tanpa konsensus di antara semua anggota.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, pada Kamis (3/11/2022) mengatakan, dia tidak akan ambil bagian dalam KTT G-20 di Bali, Indonesia, jika Putin hadir, meskipun Zelensky telah diundang langsung oleh Jokowi.