UPDATE BMKG: Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat, Waspada!

Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat
Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

AntvSebagian besar wilayah Indonesia memiliki potensi turun hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang secara khusus di beberapa kota besar, menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip dari Antara, Kamis (10/11/2022), BMKG memperingatkan potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Hujan lebat juga dapat terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, serta Kalimantan Selatan.

Selain itu, di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Sementara, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara dan Maluku berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Khusus DKI Jakarta, hujan intensitas ringan berpotensi turun pada siang dan malam hari di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dapat mengalami hujan ringan pada siang hari.

Sejumlah kota besar diprakirakan mengalami hujan lebat atau hujan petir pada hari ini termasuk Banda Aceh, Pekanbaru, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Tarakan, Ambon dan Kupang.