Ada Fenomena Gerhana Bulan Total, Ratusan Santri Gelar Salat Gerhana

Fenomena Gerhana Bulan Total, Ratusan Santri Gelar Salat Gerhana
Fenomena Gerhana Bulan Total, Ratusan Santri Gelar Salat Gerhana (Foto : antvklik-Wahyu Kurniawan)

AntvRatusan santri dan pengurus Pondok Pesantren Al Hasani Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, sambut fenomena alam gerhana bulan total, dengan melaksanakan salat khusuf atau salat gerhana bulan secara berjemaah, Selasa (8/11/2022) petang.

Gus Fachruddin Ahmad Pengasuh Ponpes Al Hasani saat ditemui menuturkan, para santri dan pengurus pondok serta warga sekitar pondok menggelar salat Khusuf sebelum salat Magrib berjamaah. 

Gus Fachruddin menyebutkan bahwa salat gerhana tersebut menjadi salah satu materi pembelajaran di pondok pesantren agar para santri memahami kebesaran Allah SWT dari fenomena gerhana bulan.

"Salat gerhana ini juga menjadi materi pembelajaran para santri yang sedang menimba ilmu, bahwa fenomena alam ini merupakan tanda kebesaran Allah SWT. Sehingga sebagai wujud syukur kami menunaikan shalat gerhana ini," jelas Gus Fachruddin.

Menurutnya, gerhana bulan adalah salah satu tanda kekuasaan Allah dari begitu banyak tanda-tanda kekuasaan Allah yang lain. Usai salat gerhana dan salat magrib berjamaah dilanjutkan dengan doa bersama dan mujadahan.

"Alhamdulillah bisa dilihat tadi para santri dan warga sekitar antusias untuk hadir di masjid melakukan rangkaian salat gerhana bulan mas," lanjutnya.

Namun Gus Fachruddin juga mengimbau agar masyarakat jangan menyingkapi fenomena alam gerhana bulan ini secara berlebihan dan mempercayai pada mitos yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah dan melanggar syariat dan keyakinan dalam agama Islam.