74 Bandit Jalanan Diringkus Polisi dengan Beragam Aksi Kejahatannya

74 Bandit Jalanan Diringkus Polisi dengan Beragam Aksi Kejahatannya
74 Bandit Jalanan Diringkus Polisi dengan Beragam Aksi Kejahatannya (Foto : antvklik-Zainal Azkhari)

AntvAksi bandit atau kejahatan jalanan terutama pencurian kendaraan bermotor (curan mor) terus meningkat di Kota Surabaya, Jawa Timur, direspon Polrestabes Surabaya, dengan menangka-nangkappi 74 bajingan tengik ini.

74 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Surabaya ini, diringkus polisi dalam operasi sebulan terakhir.

Mayoritas mereka masih di bawah umur dan residivis. Rata-rata mereka melancarkan aksinya malam hari di berbagai lokasi. Namun paling sering di permukiman warga.

“Jadi modus para pelaku merusak rumah kunci kendaraan bermotor yang diparkir baik di permukiman, kos, mau pun di pinggir jalan. Kebanyakan dari mereka di permukiman,” kata AKBP Mirzal Maulana Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya saat konferensi pers, Senin (7/11/2022).

AKBP Mirzal melanjutkan, hampir semua yang ditangkap merupakan residivis kasus yang sama. Mayoritas para pelaku juga masih di bawah umur.

“Residivis hampir semuanya yang di sini. Ada beberapa pelajar dan bawah umur, juga residivis yang dibawa senior-seniornya. Ada beberapa yang sudah kita proses dan di shelter,” ungkapnya.

Selama periode September hingga Oktober 2022, lanjut Mirzal, dari tangan pelaku hanya 21 unit sepeda motor yang berhasil disita polisi. Sementara lainnya, sudah raib dijual ke penadah.