Kapolri Ungkap, Presidensi Indonesia di G20 Membawa Harapan Global

Kapolri Ungkap, Presidensi Indonesia di G20 Membawa Harapan Global
Kapolri Ungkap, Presidensi Indonesia di G20 Membawa Harapan Global (Foto : Istimewa)

AntvKapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 membawa dapat harapan di tengah ketidakpastian yang menimpa banyak negara saat ini.

"G20 Indonesia membawa harapan di tengah ketidakpastian yang dihadapi seluruh dunia, disrupsi teknologi dan informasi pandemi COVID-19 serta perang Rusia-Ukraina, menyebabkan seluruh negara berada dalam situasi sulit," kata Listyo Sigit saat memberikan keterangan pers usai memimpin gelar pasukan Operasi Puri Agung 2022 di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Bali, seperti dikutip dari Antara, Senin (7/11/2022).

Dengan tema Recover Together, Recover Stronger, lanjutnya, presidensi Indonesia di G20 dapat memberikan solusi bagi perdamaian dunia dan pemulihan dunia lebih inklusif.

img_title
Panglima TNI dan Kapolri Inspeksi Pasukan Pengamanan KTT G20. (Foto: Istimewa)

"Agenda ini sangat strategis bagi negara anggota G20, namun juga berorientasi bagi semua pihak, termasuk negara berkembang, negara pulau-pulau terkecil, dan kelompok rentan," tambahnya.

Oleh karena itu, katanya, Polri patut berbangga karena menjadi bagian pengamanan salah satu momentum bersejarah dunia, khususnya puncak dari rangkaian kegiatan yang dihadiri sekira 20 pemimpin negara serta perwakilan dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Forum KTT G20 menjadi penting karena secara global menguasai 60 persen populasi dunia, 75 persen perdagangan dunia, dan 80 persen produk domestik bruto (PDB).