Sejumlah Bangunan di Pesisir Pantai Roboh Akibat Abrasi Muara

Sejumlah Bangunan di Pesisir Pantai Roboh Akibat Abrasi Muara
Sejumlah Bangunan di Pesisir Pantai Roboh Akibat Abrasi Muara (Foto : antvklik-Agus Wibowo)

AntvAkibat mengalami abrasi, sejumlah bangunan permanen yang berdiri di pesisir pantai soge Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, hancur hingga roboh.

Peristiwa robohnuya bangunan itu terjadi pada Senin (7/11/2022) sekira pukul 09.30 WIB.

Joko Sujatmiko (29) mengatakan Bangunan yang roboh tersebut diantaranya adalah dua kamar mandi/ toilet umum, satu ruang rescue wisata dan menara untuk pantauan pengunjung dan gelombang laut. 

"Jadi sekitar jam 09.30 WIB tadi bangunan itu roboh. Sebelumnya memang sudah rusak karena pondasi bangunan di sini twrgerus abrasi sungai yang bermuara di Pantai Soge," katanya

Sebagian bangunan lain yang berada di lokasi ini juga mengalami kerusakan. Robohnya sejumlah bangunan yang ada di lokasi wisata Pantai Soge  tersebut di akibatkan sungai yang bermuara di pantai soge mengalami banjir sejak dua hari lalu.

Curah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur deras sejak kemarin sore. Sehingga debit air tinggi dan arus banjir sangat deras menggerus tebing sisi utara pantai serta merusak sejumlah pondasi bangunan hingga roboh.

Beruntung saat kejadian, beberapa bangunan tersebut yang roboh sedang dalam kondisi kosong sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.