Diterjang Hujan Deras Terus Menerus, Kota Pacitan, Jawa Timur Terendam Banjir

Diterjang Hujan Deras, Kota Pacitan, Jawa Timur Terendam Banjir
Diterjang Hujan Deras, Kota Pacitan, Jawa Timur Terendam Banjir (Foto : antvklik-Agus)

AntvKota Pacitan, Jawa Timur kembali diterjang banjir, Sabtu (5/11/2022) malam. Warga khawatir lantaran sejak pukul 19.00 WIB hujan deras terus menerus mengguyur merata diseluruh wilayah.

Warga kecamatan Pacitan, Budiono (34) Penyebab utama banjir adalah sungai dan drainase yang mengalir di tengah kota meluap hingga menggenangi di sekitar Kecamatan Kota Pacitan,

Wilayah yang tergenang yakni Kelurahan Pucangsewu, Sidoharjo, Tanjungsari dan Baleharjo. Bahkan sepanjang Jalan S Parman dan Ahmad Yani air sudah setinggi lutut orang dewasa. Mulai saluran air atau sungai di Pucangsewu sampai ke arah Tanjungsari.

"Mestinya pemkab melakukan pengerukan secara rutin jauh-jauh hari sebelum musim hujan tiba. "Sejak dua tahun terakhir, saluran air ini tak pernah dibersihkan, sedimen tanahnya sudah separuh lebih. Jadi kalau ada hujan deras otomatis meluap," katanya. 

Budiono menambahkan sejak beberapa tahun lalu, saat curah hujan meningkat, air sampai meluap ke jalan. Saat ini bahkan masuk ke rumah warga.

Warga was-was karena kejadian serupa terus terulang.

"Setiap hujan sudah dipastikan air sungai meluap hingga genangi jalan. Kalau terus menerus seperti itu bagaimana dengan warga. Banjir audah masuk ke rumah-rumah warga. Surutnya juga lama," imbuhnya.