Warga dan Petugas Banyuwangi Lakukan Pembersihan Pasca Banjir dan Longsor

Banjir di Banyuwangi Jawa Timur.
Banjir di Banyuwangi Jawa Timur. (Foto : Istimewa)

AntvBanjir yang menimpa wilayah Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, telah surut pada Jumat lalu (4/11/2022). Petugas BPBD setempat melaporkan air surut pada pukul 16.00 WIB.

Setelah tidak ada genangan, masyarakat melakukan pembersihan material sampah. Para warga di dua desa terdampak membersihkan sampah yang terbawa saat banjir terjadi pada Kamis malam (3/11/2022), sekitar pukul 21.00 WIB.

Dua desa yang berada di dua kecamatan yaitu Desa Sarongan di Kecamatan Pesanggaran dan Desa Kalibaru Wetan di Kalibaru. Masyarakat dibantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri dan organisasi perangkat daerah terkait lain dalam pembersihan sampah banjir maupun material longsor.

Material longsor yang menimbun beberapa titik jalan telah selesai dibersihkan oleh petugas gabungan. Pemerintah daerah diharapkan meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menghadapi ancaman bencana akibat cuaca ekstrem pada musim hujan ini.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meminta pemerintah daerah untuk memastikan kesiapan peralatan, perangkat maupun personel.

“Pemerintah daerah setempat perlu membekali seluruh personel dengan pelatihan dan pendidikan khusus kebencanaan,” ujar Kepala BNPB dalam rapat koordinasi, Kamis (3/11/2022).

Pelatihan dan pendidikan kebencanaan ini untuk meningkatkan kemampuan dalam mencegah, memitigasi dan merespons ancaman bahaya. Sedangkan peralatan dan perlengkapan dalam penanggulangan bencana, Suharyanto mengatakan, ini menjadi bagian dari indikator kesiapan dan kekuatan setiap daerah dalam penanggulangan bencana.