Inilah 5 Tokoh Bangsa yang Akan Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Inilah 5 Tokoh Bangsa yang Akan Mendapat Gelar Pahlawan Nasional
Inilah 5 Tokoh Bangsa yang Akan Mendapat Gelar Pahlawan Nasional (Foto : Istimewa)

Antv – Pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh bangsa yang ikut berjuang mendirikan Negara Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD,  di Istana Bogor,  Kamis (3/11/2022).

"Memutuskan tahun ini memberikan lima (gelar pahlawan nasional) kepada tokoh-tokoh bangsa yang telah ikut berjuang mendirikan negara Republik Indonesia. Melalui perjuangan kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan-pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat," kata Mahfud. 

Mahfud menyebut,  kelima tokoh yang dipilih untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional berdasarkan usulan masyarakat dan proses seleksi. Gelar pahlawan nasional pertama diberikan kepada R.Soeharto. 

R. Soeharto berjuang bersama Presiden pertama Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan setelah kemerdekaan, Soeharto ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.   

"Ikut pembangunan department store syariah dan pembangunan Monumen Nasional. Serta Masjid Istiqlal dan pembangunan Rumah Sakit Jakarta serta salah seorang pendiri berdirinya IDI (Ikatan Dokter Indonesia)," ujarnya. 

Tokoh kedua yaitu almarhum KGPAA (Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya) Paku Alam VIII. Ia merupakan Raja Paku Alam dari tahun 1937-1989.