Kemenkominfo Resmi Matikan Saluran Analog TV di Jabodetabek

Menkopolhukam Mahfud MD dan Menteri Kominfo Jhonny G plate.
Menkopolhukam Mahfud MD dan Menteri Kominfo Jhonny G plate. (Foto : Viva)

Antv –Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah secara resmi mematikan saluran TV analog di Jabodetabek. Langkah tersebut dilakukan Kemenkominfo pada Kamis (3/11/2022) pukul 00.00 WIB.

Menteri Kominfo, Jhonny G plate mengungkapkan selanjutnya Tv analog akan dimatikan untuk seluruh Indonesia.

"Tentu yang pertama, jam 00.00 WIB saya berharap untuk melakukan analog switch off. Kita mulai dari Jabodetabek untuk nusantara," ujar Jhony di gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2022).

Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agung Suprio dan sejumlah pimpinan televisi yang ada di Indonesia.

Seperti diberitakan VIVA.co.id, Adapun siaran digital di Jabodetabek yang telah dimatikan siarannya yakni Jakarta Pusat, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kota Tangerang Selatan. Kemudian, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Kota Bekasi, Kota Depok dan Kota Bogor.

Sebelumnya, Indonesia memasuki era baru penyiaran Tv digital terestrial free-to-air dengan menghentikan siaran Tv analog atau Analog Switch Off (ASO) sejak April 2022. ASO dilaksanakan setelah dipastikan infrastruktur dan bantuan Set Top Box (STB) untuk rumah tangga miskin (RTM) telah terdistribusi merata.

Dengan demikian, rumah tangga miskin dan rumah tangga menengah ke atas terdampak ASO secara bersama-sama tetap bisa menonton siaran televisi digital.