Bakrie Kembangkan Industri Konstruksi 3D-Printing, Bidik Pasar Konstruksi

Nota kesepahaman PT Modula Sustainability Indonesia dengan COBOD.
Nota kesepahaman PT Modula Sustainability Indonesia dengan COBOD. (Foto : BNBR)

Antv –COBOD International S/A (“COBOD”) baru saja menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Modula Sustainability Indonesia (Modula), anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) yang bergerak di bidang teknologi konstruksi pencetakan 3-dimensi (3-dimensional construction printing technology – atau kerap disebut sebagai “teknologi 3DCP”), di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Penandatanganan dilakukan oleh CEO Modula, Indra Ginting dan Co-Founder & Head of Asia-Pacific COBOD International, Simon Klint Bergh.

Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) Roy Hendrajanto M. Sakti yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, kesepakatan ini dilakukan untuk mematangkan kerja sama antara Modula dengan COBOD untuk fokus mengembangkan usaha di industri konstruksi dengan teknologi 3DCP di Indonesia.

Kerja sama ini akan diwujudkan dalam wadah pendirian sebuah perusahaan bernama PT Modula Tiga Dimensi.

“Perusahaan patungan ini akan menjalankan peran pemasaran dan pengembangan pasar di Indonesia, dan seluruh aktivitas bisnis yang terkait dengan teknologi 3DCP ini,” kata Roy.

Lebih jauh, Roy juga menjelaskan bahwa teknologi 3DCP saat ini masih terbilang baru di Indonesia. Pihaknya berharap Modula dapat menjadi salah satu perusahaan pelopor teknologi 3DCP di Indonesia, khususnya di segmen konstruksi bangunan dan perumahan.

“Kami melihat bahwa potensi pertumbuhan industri ini di Indonesia amat besar. Ini peluang bisnis yang patut dijajaki dan dikembangkan. Efisiensi yang didapat dari penerapan 3D-printing di industri ini juga amat signifikan dengan penggunaan energi yang ramah lingkungan,” ujar Roy.