Seminar Nasional Bakrie Group Soroti Soal Sustainability

Seminar Nasional BCF
Seminar Nasional BCF (Foto : Putra Dwi Laksana/ANTV)

Antv –  Bakrie Center Foundation menyelenggarakan rangkaian seminar nasional bertajuk The SDGs National Seminar Series: Sinergi Nasional dalam Katalisasi Pencapaian SDGs 2030 Menuju Indonesia Sehat, Berdaya, dan Lestari. Masih dalam rangka memperingati 80 tahun berdirinya Bakrie Group.

Seminar nasional ini juga merupakan debut Bakrie Group dalam melaksanakan seminar berskala nasional.

Seminar nasional ini bertujuan untuk memfasilitasi berbagai sektor mulai dari pemerintah, komunitas, korporasi, hingga masyarakat untuk bersinergi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, yang ditargetkan dapat dicapai dalam kurun waktu 8 tahun lagi, yakni di tahun 2030.

The SDGs National Seminar Series: Sinergi Nasional dalam Katalisasi Pencapaian SDGs 2030 Menuju Indonesia Sehat, Berdaya, dan Lestari dilaksanakan sejak 31 Oktober hingga 3 November 2022 secara hybrid dan disiarkan secara live dalam akun Youtube Bakrie Center Foundation.

Seminar ini mengangkat 4 topik utama yaitu sinergi lintas sektor dalam upaya mengeliminasi TBC di Indonesia pada tahun 2030, inovasi dan pengelolaan sampah plastik, kesetaraan pendidikan dasar dan tinggi, serta transformasi penggunaan kendaraan listrik untuk meminimalisir dampak polusi udara. Pemilihan topik ini berdasarkan urgensi dari masing- masing isu, yaitu :

1. Indonesia mencatatkan 11 kematian per jam akibat TBC. Sepanjang 2021 masih ada 385.295 kasus TBC di Indonesia dan diprediksi mencapai 824 ribu kasus di akhir 2022.

2. Indonesia menghasilkan 7,8 juta ton sampah plastik setiap tahun.2,8 juta diantaranya sudah dapat dikelola.