Komandan Pasukan Elite Garda Revolusi Iran Peringatkan Demonstran Hari Terakhir Ricuh

Komandan Pasukan Elite Garda Revolusi Iran Peringatkan Demonstran
Komandan Pasukan Elite Garda Revolusi Iran Peringatkan Demonstran (Foto : Reuters)

Antv – Komandan pasukan elite Garda Revolusi Iran, Hossein Salami memperingatkan para pengunjuk rasa bahwa Sabtu (29/10/2022), adalah hari terakhir mereka berunjuk rasa di jalan-jalan.

"Jangan turun ke jalan! Hari ini adalah hari terakhir kericuhan," kata Komandan pasukan elite Garda Revolusi Iran, Hossein Salami, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (29/10/2022).

Diketahui, Iran telah dilanda gelombang protes sejak kematian perempuan Kurdi bernama Mahsa Amini (22 tahun) di dalam tahanan polisi susila bulan lalu.

Aksi-aksi mereka telah berubah menjadi gerakan populer yang didukung warga dari berbagai lapisan masyarakat, sehingga menciptakan tantangan besar bagi pemerintah Iran sejak revolusi 1979.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia mengatakan sedikitnya 250 demonstran telah tewas dan ribuan lainnya ditahan di seluruh Iran.

Sementara pada Jumat (28/10/2022), rekaman video di media sosial memperlihatkan para demonstran menyerukan kutukan bagi Pemimpin Tertinggi Ayatullah Ali Khamenei dan milisi Basij yang berperan penting atas tindakan kekerasan terhadap mereka.