Dua Anak Hanyut dan Tewas Saat Banjir di Lampung Selatan

Banjir di Lampung Selatan.
Banjir di Lampung Selatan. (Foto : BNPB)

AntvDua anak beranjak remaja hanyut dan meninggal dunia dalam bencana banjir di Desa Sukamaju, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (27/10/2022).

Peristiwa itu terjadi ketika kedua korban bermain di gubug persawahan. Mereka kemudian turun menuju sungai dan seketika itu air meluap dan menghanyutkan keduanya.

Pada saat kejadian, hujan dengan intensitas sedang mengguyur wilayah tersebut sejak dini hari sehingga memicu terjadinya luapan sungai dan merendam permukiman penduduk, persawahan dan jalan raya.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung tengah melakukan monitoring lapangan dan kaji cepat, guna mendata dampak banjir dan kerugian materiil lainnya.

Kondisi mutakhir banjir masih menggenangi wilayah tersebut dan cuaca dilaporkan mendung berawan dan gerimis.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca yang menyatakan bahwa wilayah Kabupaten Lampung Selatan dan sekitarnya masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga yang dapat disertai petir sampai Sabtu (29/10/2022).

Menyikapi hal itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.