Jerman Akan Legalkan Ganja Untuk Tujuan Rekreasi

Aktivis ganja berkumpul di Jerman.
Aktivis ganja berkumpul di Jerman. (Foto : Reuters)

AntvJerman menjelaskan rencana untuk melegalkan ganja pada Rabu (26/10/2022). Keputusan ini menjadi sebuah langkah yang menurut pemerintah Kanselir Olaf Scholz akan menjadikan Jerman salah satu negara pertama di Eropa yang melakukannya.

Menteri Kesehatan Karl Lauterbach telah mempresentasikan makalah landasan tentang undang-undang yang direncanakan untuk mengatur distribusi terkontrol dan konsumsi ganja untuk tujuan rekreasi di kalangan orang dewasa.

Memperoleh dan memiliki 20 hingga 30 gram ganja rekreasi untuk konsumsi pribadi juga akan dilegalkan.

Pemerintahan koalisi telah mencapai kesepakatan tahun lalu untuk memperkenalkan undang-undang guna kemungkinan distribusi ganja yang terkontrol di toko-toko berlisensi.

Sejumlah keputusan telah dibuat Jerman terkait ganja sebelumnya. Negara ini telah melegalkan ganja untuk tujuan pengobatan secara terbatas sejak 2017. Keputusan lain terkait dekriminalisasi penggunaan secara umum ganja.

Menurut draft rancangannya, budidaya ganja untuk diri pribadi akan diizinkan sampai batas tertentu. Pemerintah juga akan memperkenalkan pajak konsumsi khusus, dan mengembangkan pendidikan terkait ganja dan program pencegahan penyalahgunaan.

Melegalkan ganja dapat meningkatkan pendapatan pajak tahunan Jerman dan penghematan biaya sekitar 4,7 miliar euro ($ 4,7 miliar) dan menciptakan 27.000 pekerjaan baru. Hal tersebut diungkapkan sebuah survei yang ditemukan tahun lalu.