2 Rumah dan 1 Warung Hancur Terbawa Longsor, Bangunan SD Terancam

2 Rumah dan 1 Warung Hancur Terbawa Longsor, Bangunan SD Terancam
2 Rumah dan 1 Warung Hancur Terbawa Longsor, Bangunan SD Terancam (Foto : antvklik-Denden Ahdani)

Antv – Jalan penghubung tiga kecamatan di Kampung Sukajaya, Desa Girikencana, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya mengalami pergerakan tanah hingga longsor, Rabu pagi (26/10/2022). 

Longsoran jalan menimpa rua rumah dan bangunan warung sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah. 

Selain merusak rumah, longsor jiga mengancam satu bangunan rumah dan bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Parungponteng 

Kepala Desa Girikencana, Roba'i mengatakan, longsor itu terjadi akibat wilayah Kecamatan Parungponteng dilanda hujan deras sejak, Selasa (25/10/2022) siang hingga malam kemarin. Selain longsor, di lokasi yang sama juga terjadi pergerakan tanah sepanjang 150 meter. Badan jalan mengalami retakan yang sangat besar, sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

"Ini awalnya hujan deras dari siang sampai malem khususnya di Kecamatan Parungponteng. Akibatnya, terjadi bencana tanah longsor yang terjadi tadi pagi. Ada warung yang terbawa longsor dan dua bangunan rumah," kata Kepala Desa Girikencana, Roba'i, saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (26/10/2022) siang.

Tak hanya mengakibatkan dua rumah dan warung rusak, kata Roba'i, bencana tanah longsor ini juga mengancam satu rumah warga dan bangunan SDN 2 Parungponteng. Jalan di sekitar lokasi kejadian sudah terlihat retak - retak. Retakan terus membesar, karena pergerakan tanah terus terjadi dengan intensitas kecil.

"Selain ada bangunan rusak, ini juga ada dua bangunan yang terancam. Pertama rumah warga sekarang sudah dikosongkan, ke dua sekolah ini SDN Dua Parungponteng, sudah kelihatan retak - retak jalan di depan bangunan sekolah itu," ucap Roba'i.