Perdana Menteri Baru Inggris, Rishi Sunak, Akan Bertemu Biden di Indonesia

PM Baru Inggris Rishi Sunak Akan Bertemu Biden di Indonesia
PM Baru Inggris Rishi Sunak Akan Bertemu Biden di Indonesia (Foto : Reuters)

AntvPerdana Menteri Inggris yang baru Rishi Sunak akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Indonesia pada KTT G20, kata juru bicara Downing Street.

Seperti dikutip dari Reuters, juru bicara kantor PM Inggris itu mengungkapkan bahwa Sunak sudah berbicara dengan Biden pada Selasa (25/10/2022) petang.

Dalam kesempatan itu, kata jubir melalui pernyataan, kedua pemimpin juga membahas kerja sama antara Inggris dan AS, baik dalam kerangka bilateral maupun kawasan, seperti Indo-Pasifik.

Indo-Pasifik merupakan kawasan tempat pakta pertahanan tiga negara AUKUS (Australia, Inggris, dan Amerika Serikat) difokuskan menjadi bagian upaya untuk melawan pengaruh China.

Menurut pernyataan itu, Sunak dan Biden juga sepakat bahwa penting untuk memastikan rakyat Irlandia Utara mendapat keamanan melalui Perjanjian Belfast (Jumat Agung).

Diketahui, Raja Inggris Charles III resmi menunjuk pemimpin Partai Konservatif, Rishi Sunak, sebagai perdana menteri (PM). Hal ini diumumkan Istana Buckingham, Selasa (25/10/2022).

Foto-foto yang didistribusikan oleh istana menunjukkan Charles menjabat tangan Sunak saat dia mengangkatnya menjadi PM. Ia menggantikan Liz Truss yang mundur setelah 45 hari menjabat.