JK Bertemu PM Palestina Dukung Kemerdekaan Negara Tersebut

Jusuf Kalla bertemu PM Palestina Mohammed Shtayyeh di Jakarta.
Jusuf Kalla bertemu PM Palestina Mohammed Shtayyeh di Jakarta. (Foto : Istimewa)

Antv –Wakil Presiden ke 10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menyebut bahwa mayoritas warga Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.

Hal itu disampaikan JK kepada Perdana Menteri Palestina, Mohammed Shtayyeh saat memberi sambutan pada acara ramah tamah dalam rangka memperingati 33 tahun hubungan diplomatik antara Pemerintah Palestina dengan Pemerintah Indonesia, di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022) malam.

Menurut JK yang juga merupakan ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) alasan mayoritas warga Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina karena ingin merasakan kebahagiaan dan bisa leluasa mengunjungi negara jajahan Israel tersebut.

"Sebab banyak pihak yang ingin merasakan kebahagiaan ketika berkunjung ke negara anda (Palestina)," ujarnya.

Karena itu JK berharap agar perundingan perdamaian bisa berjalan sukses. Bagi JK, jalur diplomasi damai adalah jalan yang tepat untuk Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaannya.

"Anda perlu tahu bahwa ketika saya, kita masih muda banyak demonstrasi mendukung kemerdekaan palestina. Tapi (kita) harus mempelajari kembali bahwa tidak butuh demonstrasi tapi (kita) butuh solusi perdamaian," tambahnya.

Lebih jauh JK juga menegaskan, jika masyarakat Indonesia itu tidak mempersoalkan jika Palestina merdeka serta menganggap itu adalah bagian dari usaha. Dibutuhkan pemimpin yang bisa membawa diplomasi memperjuangkan kemerdekaan Palestina.