Waspada Banjir Masih Bisa Terjadi Akibat Hujan Lebat di Merangin Jambi

Banjir di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.
Banjir di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. (Foto : BNPB)

Antv –Hujan deras mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, selama dua hari, sejak Sabtu(22/10/2022) hingga Minggu(23/10/2022).

Peristiwa ini menyebabkan peningkatan daerah aliran Sungai Batang Masumai dan Batang Tantan hingga meluap ke permukiman warga dengan tinggi muka air (TMA) 50 - 100 sentimeter.

Pantauan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menyebutkan banjir masih terlihat menggenangi pemukiman warga di beberapa titik hingga Senin (24/10/2022). Petugas BPBD dan dinas terkait masih bersiaga di lapangan untuk mengantisipasi dampak banjir atau pun potensi banjir susulan.

BPBD Kabupaten Merangin mencatat, peristiwa tersebut berdampak pada 241 KK atau 1034 jiwa. Selain itu, sebanyak 242 unit rumah warga, dan 2 tempat ibadah terendam banjir.

Adapun wilayah yang terendam banjir mencakup Desa Sungai Ulak di Kecamatan Nalo Tantan, Desa Tanjung, dan Desa Pelayangan di Kecamatan Batang Mesumai.

Sebagai bentuk upaya percepatan penanganan banjir tersebut, Tim BPBD Kabupaten Merangin telah turun ke lapangan guna melakukan kaji cepat situasi, monitoring berkala kondisi banjir, dan membantu proses evakuasi warga dengan menggunakan perahu.

Merujuk informasi prakiraan cuaca BMKG untuk beberapa wilayah di Provinsi Jambi pada hari ini (26/10/2022), masih berpeluang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang.