Angin Topan dan Hujan Landa Bangladesh Menewaskan 9 Orang dan Banjir

Angin topan dan hujan deras landa Bangladesh.
Angin topan dan hujan deras landa Bangladesh. (Foto : Reuters)

AntvAngin Topan terjadi di pantai Bangladesh pada Selasa (24/10/2022), menewaskan sedikitnya sembilan orang, menghancurkan rumah-rumah, menumbangkan pepohonan dan mengganggu jalan, jaringan listrik dan komunikasi. Hal tersebut diungkapkan para pejabat setempat.

Sebelumnya pemerintah setempat telah melakukan evakuasi massal sebelum Topan Sitrang menghantam pantai barat. Langkah tersebut telah menyelamatkan sejumlah jiwa.

Namun jumlah total korban dan kerusakan hanya akan diketahui setelah komunikasi kembali pulih sepenuhnya. Hal tersebut seperti dilaporkan mereka.

"Itu mengerikan, sepertinya gelombang laut akan datang untuk menyergap warga," kata seorang penduduk distrik Bhola, Mizanur Rahman kepada Reuters, setelah jaringan komunikasi dipulihkan di lingkungannya.

"Kami menghabiskan malam tanpa tidur, yang bisa kami lakukan hanyalah berdoa,” tambahnya.

Topan itu menerjang datang dari Teluk Benggala dengan angin berembus hingga 88 kilometer per jam  (55 mph) dan gelombang badai sekitar 3 m (10 kaki) yang membanjiri daerah pesisir dataran rendah.

“Sambungan listrik dan telepon sebagian besar telah terputus dan daerah pesisir menjadi gelap gulita,” kata para pejabat setempat.