Banjir dan Longsor terjadi di Kabupaten Ponorogo Pasca Hujan Lebat Seharian

Tanah longsor di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
Tanah longsor di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. (Foto : BNPB)

Antv ā€“Banjir dan longsor terjadi di Kabupaten Ponorogo pada Jumat (21/10/2022). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo melaporkan banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur Kecamatan Ngebel dan Kecamatan Sooko hampir seharian mulai pukul 10.00 WIB pagi hingga pukul 19.00 WIB.

Banjir berdampak pada 10 KK, 29 orang yang terpaksa mengungsi di Masjid Agung Kabupaten Ponorogo.

Tinggi Muka Air (TMA) saat kejadian tercatat hingga 70 sentimeter. Banjir dilaporkan telah surut pada Sabtu (22/10/2022) pukul 02.00 WIB dini hari.

SebagianĀ pengungsi telah kembali ke rumah masing-masing. BPBD setempat mencatat kebutuhan mendesak bagi pengungsi yang masih bertahan adalah perlengkapan tidur, makanan siap saji, dan obat-obatan untuk warga mengungsi.

Selain banjir, longsor juga melanda wilayah tersebut tepatnya di Jalan Lingkar Telaga Ngebel Dukuh Nglingi, Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel. Akibatnya, jalur sisi utara menutup jalan utama Telaga Ngebel dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Sementara itu, jalur utama dari Kecamatan Dolopo ke Kecamatan Ngebel sebagian tertutup material longsor. Jalan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian longsor.

BPBD Kabupaten Ponorogo segera melakukan pembersihan material banjir dan tanah longsor bersama warga, TNI/Polri, Pemerintah Desa, dan BANSER. Namun, Tim Gabungan masih membutuhkan bantuan tangki air dan alat semprot untuk pembersihan material longsoran di jalur Lingkar Telaga Ngebel.