Hujan Lebat Berpotensi Akan Turun di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Hujan Lebat Berpotensi Akan Turun di Sebagian Besar Wilayah Indonesia
Hujan Lebat Berpotensi Akan Turun di Sebagian Besar Wilayah Indonesia (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

AntvSebagian besar wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada hari ini termasuk beberapa kota besar, menurut peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dalam peringatan dini BMKG yang diakses dari Jakarta pada Ahad, hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur,

Hujan lebat juga berpotensi terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Sementara itu, Bali dan Sulawesi Tengah dapat mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Beberapa kota besar yang dapat mengalami hujan seperti Banda Aceh, Denpasar, Serang, Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Jayapura, Mamuju, Manado, Padang dan Medan.

Untuk wilayah DKI Jakarta, hujan intensitas sedang diprakirakan turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari. Hujan ringan di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat pada siang hari, Jakarta Selatan dan Timur pada malam hari serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG memperingatkan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur masuk dalam siaga dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor.