Luapan 2 Sungai Rendam Tujuh Desa di Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan

Pembersihan sisa banjir di Luwu, Sulawesi Selatan.
Pembersihan sisa banjir di Luwu, Sulawesi Selatan. (Foto : BNPB)

Antv –Dua sungai meluap sebabkan banjir di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa (18/10/2022) pukul 23.57 WITA.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu melaporkan sungai yang meluap adalah Sungai Bua dan Sungai Cilallang. Luapan dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi.

Fenomena yang terjadi pada malam hari itu mengakibatkan 657 jiwa terdampak. Kerugian materil lainnya berupa 5 warung terdampak, 2 unit sarana ibadah terdampak, 1 unit jembatan rusak sepanjang 10 meter. 20 hektar pertanian, 10 hektar perkebunan, 10 hektar tambak ikan, dan 15 hektar tambak rumput laut terendam.

Wilayah terdampak banjir tersebar di 7 desa yaitu Desa Padang Kalua, Desa Paberassang, dan Desa Raja di Kecamatan Bua, Desa Cilallang di Kecamatan kamanre, Desa Mario di Kecamatan ponrang, Desa Tanjong di Kecamatan Bupon, dan Desa Saronda di Kecamatan Bajo Barat.

Banjir yang merendam setinggi 70 sentimeter itu saat ini telah surut. BPBD Kabupaten Luwu telah berkoordinasi dengan Dinas Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penanganan dan pembersihan sisa material banjir.

Di Bulan Oktober 2022, Kabupatan Luwu sebelumnya juga mengalami banjir pada Senin (10/10/2022). Banjir saat itu berdampak pada 124 unit rumah dan 110 hektar sawah terendam. 1 tanggul juga dilaporkan rusak berat.

Sementara satu bulan sebelumnya di September 2022, menurut Laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, Kabupaten Luwu juga mengalami banjir sebanyak 2 kali tepatnya pada 5 September dan 22 September yang juga berdampak pada rumah warga dan beberapa fasilitas publik lainnya.