Ikut Perkembangan Zaman, Desain Arsitektur Masjid Makin Inspiratif

Ikut Perkembangan Zaman, Desain Arsitektur Masjid Makin Inspiratif
Ikut Perkembangan Zaman, Desain Arsitektur Masjid Makin Inspiratif (Foto : Istimewa)

AntvPerkembangan arsitektur rumah ibadah Masjid di Indonesia dari waktu ke waktu menunjukan kemajuan yang menggembirakan sejalan dengan kehidupan masyarakat muslim yang maju dan moderat.

Bangunan masjid bukan lagi hanya sebagai tempat ibadah semata, tapi telah menjadi fasilitas sosial masyarakat dalam menjaga silaturahmi.

Desain arsitekturnya nampak lebih inovatif dan kreatif, menjadi tempat inspiarsi yang nyaman dan menarik. Masjid tidak lagi terpaku pada ciri atap ‘kubah bawang’ dan ruang mirip Pendopo, tetapi dirancang menyatu dan apik dengan kawasan sekitarnya.

Dengan sentuhan arsitektur dan desain interior kontemporer, desain masjid dan kawasannya yang semakin menarik telah bertambah fungsinya menjadi destinasi wisata suatu daerah, tidak lagi sekedar menjadi tempat transit para musafir.

Pengalaman Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA dalam memimpin Masjid terbesar di Asia Tenggara, dapat memberi masukan dan inspirasi para ‘ahli masjid’ kepada Arsitek dan Desainer Interior dalam merancang Masjid. 

 

img_title
Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA. (Foto: Istimewa)