BNPB Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem Pasca Bencana Longsor di Jeneponto

BNPB berikan bantuan untuk warga Jeneponto, Sulawesi Selatan.
BNPB berikan bantuan untuk warga Jeneponto, Sulawesi Selatan. (Foto : BNPB)

Antv –Penanganan darurat pasca bencana tanah longsor masih berlangsung di Desa Loka, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan, hingga hari ini, Kamis (20/10/2022).

Di tengah berlangsungnya status darurat, hujan lebat masih berpotensi terjadi di kawasan ini. Pantauan Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB, hujan intensitas tinggi masih berlangsung pada hari ini.

Sedangkan pada esok hari, Jumat (20/10/2022) secara umum wilayah Provinsi Sulawesi Selatan masih berpotensi hujan dengan disertai petir atau kilat serta angin kencang. Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayor Jenderal Fajar Setyawan meminta masyarakat untuk tetap waspada.

“Masyarakat agar tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem beberapa bulan ke depan,” ujarnya di lokasi terdampak.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah merilis peringatan dini gerakan tanah untuk wilayah Kecamatan Rumbia termasuk pada kategori sedang hingga tinggi.

Di samping itu, Fajar menambahkan, perlu adanya edukasi, komunikasi dan informasi kepada masyarakat yang tinggal di lokasi yang rawan bencana agar bencana serupa tidak terulang.

Pada konteks penanganan darurat pasca longsor, ia juga berpesan kepada pemerintah daerah untuk memastikan kebutuhan dasar para korban bencana terpenuhi.