Plt Bupati Mimika Dilaporkan ke KPK Dugaan Korupsi Helikopter

Plt Bupati Mimika Dilaporkan ke KPK Dugaan Korupsi Helikopter
Plt Bupati Mimika Dilaporkan ke KPK Dugaan Korupsi Helikopter (Foto : Istimewa)

Antv – Forum Peduli Mimika melalui perwakilannya melaporkan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pelaporan terkait dugaan korupsi pengadaan helikopter dan pesawat yang dilakukan Johannes Rettob ketika masih menjadi Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Mimika tahun 2015.

"Forum Peduli Mimika secara resmi melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan tindak pidana korupsi pengadaan dan operasional helikopter serta pesawat yang dilakukan oleh Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Mimika tahun 2015." ujar kuasa hukum Forum Peduli Mimika, Michael Himan usai menyerahkan laporan dan bukti-bukti dugaan korupsi di Gedung Merah Putih KPK, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022).

Upaya melaporkan Plt Bupati Mimika ke KPK menurut Michael karena kasus ini sudah di proses Kejati Papua, sehingga yang bersangkutan segera ditetapkan sebagai tersangka. 

"Saat ini sudah masuk tahapan Kejati namun belum dinaikan atau menetapkan sebagai tersangka sehingga klien kami dan masyarakat yang concern dengan kasus ini datang ke KPK agar kasusnya bisa ditindaklanjuti." imbuh Michael.

Sejumlah barang bukti dan dokumen terkait dugaan korupsi telah diberikan Forum Peduli Mimika kepada KPK, salah satunya mengenai kronologi peristiwa. 

"Tadi bukti-bukti dan dokumen yang kami bawa sudah diterima pihak KPK. Bukti tersebut satu bundel dokumen dan juga kronologi peristiwa kasus korupsi ini." terang Michael.