Ini Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden FIFA

Presiden Jokowi Bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino
Presiden Jokowi Bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino (Foto : Putra Dwi Laksana/ANTV)

Antv –  Presiden Joko Widodo bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino, pada Selasa (18/10/2022), di Istana Merdeka, Jakarta. Salah satu yang dibahas adalah terkait status Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pasca tragedi Kanjuruhan yang terjadi usai laga Arema FC versus Persebaya Surabaya pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu.

Terkait hal tersebut, Presiden Jokowi dengan tegas memastikan bahwa Piala Dunia U-20 2023 tetap berlangsung di Indonesia. Ia juga memastikan gelaran tersebut akan berlangsung dengan baik.

“ Pemerintah bersama FIFA juga bersepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia dapat berjalan baik," tegas Jokowi dalam pernyataan persnya.

Karena itu, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah dan FIFA sepakat melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh. Jokowi menyampaikan harus terjamin keamanan dan keselamatannya baik dari pemain maupun penonton.

“Kami bersepakat untuk melakukan transformasi sepakbola Indonesia secara menyeluruh. Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai standar keamanan yang ditetapkan FIFA," ujar Jokowi.

"Untuk itu kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion, dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain," tambah Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa FIFA akan berkantor di Indonesia dalam upaya tranformasi sepakbola di Indonesia.