Kasus PMI Ilegal di Batam Masif, Romo Paschall Bantu Pemerintah

Kasus PMI Ilegal di Batam Masif, Romo Paschall Bantu Polisi
Kasus PMI Ilegal di Batam Masif, Romo Paschall Bantu Polisi (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Aktivis HAM Kota Batam sekaligus Pastor Ketua Komisi Keadilan Perdamaian Pastoral Migran dan Perantau (KKPPMP) Kepri, Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus, begitu concern membantu pemerintah dalam menangani sejumlah kasus kemanusiaan di wilayah Batam.  

"Saya ditugaskan menangani isu-isu kemanusiaan secara khusus lagi isu-isu migran, isu-isu tindak pidana perdagangan orang khususnya di Batam." Ujar pria yang biasa  disapa Romo Paschall, Senin (17/10/2022).

Romo Paschall menjelaskan bahwa KKPPMP telah berjalan sejak tahun 2020 dan memiliki satu Shelter atau rumah aman.

"Tempat itu kami gunakan untuk pendampingan para korban untuk mengungkap kasus dan mendapatkan keadilan." terangnya.

Dalam menangani isu-isu kemanusiaan, khususnya pekerja migran Indonesia (PMI), Romo Paschall menjalin kerjasama dengan pihak kepolisian. 

"Kerjasama itu untuk pengungkapan, penindakan perdagangan orang di Pulau Batam maupun juga isu-isu pengiriman pekerja migran secara masif. Oleh karena itu dalam setiap kegiatan kami bekerjasama dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Kami juga sudah melakukan advokasi dan mendukung kepolisian untuk mengungkap kasus kejahatan PMI yang begitu masif," imbuhnya. 

Romo Paschall dikenal sangat keras dan berani untuk melakukan perlindungan terhadap para korban migran secara ilegal melalui jalur perbatasan Indonesia dengan Malaysia dan Singapura.