Truk Ekspedisi Bermuatan Barang Campuran Terbalik Picu Kemacetan

Truk Ekspedisi Bermuatan Barang Campuran Terbalik
Truk Ekspedisi Bermuatan Barang Campuran Terbalik (Foto : antvklik-Joni Matra)

Antv – Tak kuat menanjak saat melewati jalan berlubang, truk ekspedisi bermuatan barang campuran di jalur Lintas Tengah Sulawesi tepatnya di Kulinjang, Kelurahan taura, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, terbalik pada Sabtu 15/10/2022. Peristiwa itu memicu kemacetan panjang.

Kecelakaan tunggal tersebut, terekam kamera warga di mana detik-detik terjadinya kecelakaan lalulintas yang membuat truk ekspedisi pengangkut barang campuran terbalik saat melewati jalan berlubang, di jalur lintas tengah sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Enrekang dengan Kabupaten Tana Toraja.

“Kalau jalan itu tidak diperbaiki akan selalu mengambil korban," ungkap Sunardiono, sopir truk, sesaat setelah mengemas sejumlah muatan yang berserakan di jalan saat terjadi kecelakaan.

Mobil dengan nomor polisi DP 8501 NP yang dikemudikan sunardiono dari arah Makassar menuju ke Sudu Kabupaten Enrekang, oleng saat melewati tanjakan dan jalan berlubang, sehingga truk yang kehilangan keseimbangan jatuh kesisi kiri badan jalan, akibatnya jalur trans sulawesi macet total karena tertutup badan mobil.

Untuk mengurai kemacetan, pihak keamanan dari Sat Lantas Polres Enrekang bersama dengan personil TNI dibantu warga berusaha menarik kendaraan dengan alat seadanya, agar mobil truk yang melintang dibadan jalan bisa dievakuasi.

“Mobil terbalik karena oleng saat melewati jalan berlubang, dan kendaraan sudah kita evakuasi, sementara muatan truk dipindahkan ke ekspedisi lain. Terang Bripka Ardyant, Anggota Sat Lantas Polres Enrekang.

Jalan yang sejak setahun terakhir rusak parah tersebut kerap kali membuat pengendara mengalami kecelakaan.