BNPB Gelar Simulasi Penanganan Tanah Longsor di Balikpapan

Simulasi penanganan tanah longsor BNPB.
Simulasi penanganan tanah longsor BNPB. (Foto : BNPB)

Antv –Rangkaian acara peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang dihelat di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Oktober ini, memasuki masa-masa akhir.

Pada hari ini Kamis (13/10/2022), kegiatan yang berlangsung berupa Simulasi Penanganan Tanah Longsor. Skenario yang dirancang adalah terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi dengan durasi yang lama, sehingga mengakibatkan tanah longsor yang menimpa permukiman warga di lereng bukit. Kejadian tersebut menyebabkan banyak warga hilang dan tertimpa material longsor.

Tim Gabungan langsung menuju lokasi terdampak untuk melakukan evakuasi dan melakukan penanganan menggunakan alat berat. Simulasi penanganan tanah longsor dibuka oleh Prasinta Dewi selaku Deputi Bidang Pencegahan BNPB.

Dalam sambutannya, Ia mengatakan simulasi ini bagian dari arahan Presiden Joko Widodo terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana.

"Salah satu upaya meningkatkan kesiapsiagaan dengan mengadakan simulasi yang melibatkan unsur pentaheliks bergabung dalam satu komando," ucap Prasinta disela-sela kegiatan simulasi.

Dirinya menambahkan, simulasi inu berjalan lancar dan terpenuhi tahapan-tahapan penanganan bencananya.

"Secara keseluruhan sudah memenuhi syarat dengan adanya posko, tim evakuasi, sarana pengungsian lengkap, kebutuhan logsitik dan kebutuhan dasar," imbuhnya.