Anies Resmikan Taman Makam Tokoh Bangsa TPU Karet Bivak

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : Viva)

AntvGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Makam para Tokoh bangsa di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

Taman makam ini upaya untuk menghormati dan mengapresiasi jasa para tokoh bangsa.

“Ini cara kita untuk menghormati, menghargai dan mengambil pelajaran dari tokoh-tokoh bangsa yang sudah wafat. Tidak dibatasi bidangnya dari tokoh-tokoh bangsa ini. Bukan saja di bidang kenegaraan. Tapi, di bidang sosial, budaya, olahraga, seni. Jadi, aspeknya luas,” kata Anies, seperti diberitakan VIVA.co.id.

Anies menilai, Jakarta saat ini jadi tempat yang banyak aktifitas pergerakan, perjuangan hingga kebangsaan. Dia menyebut banyak tokoh bangsa dari berbagai daerah di Indonesia yang berkarya hingga mengakhiri hayatnya di Jakarta.

"Mereka berkarya di Jakarta dan banyak dari mereka yang sampai akhir hayatnya di Jakarta," jelas eks Mendikbud tersebut.

Mengacu itu, Anies menyebutkan muncul ide membangun Taman Makam Tokoh Bangsa beserta galeri yang menampilkan memorabilia para tokoh.

"Kemudian muncul gagasan di mana tempat ini bisa menjadi tempat pembelajaran bagi semua. Biasanya museum yang mengisahkan tokoh itu jauh dari lokasi makamnya," ujarnya.