Komnas HAM Periksa PSSI, LIB, Hingga Broadcaster Terkait Kanjuruhan

Komisioner Komnas Ham Beka Ulung Hapsara.
Komisioner Komnas Ham Beka Ulung Hapsara. (Foto : Viva)

Antv –Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan meminta keterangan dari sejumlah pihak diantaranya PSSI, PT LIB, dan Broadcaster tv swasta, hingga ahli olah raga hari ini, Kamis (13/10/2022).

"Hari ini memang rencananya Komnas HAM meminta keterangan dari PSSI, kemudian PT LIB, dan juga broadcaster (TV swasta). Pagi ini terkonfirmasi mereka akan hadir semua," ujar Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara kepada wartawan, Kamis (13/10/2022).

Beka menjelaskan, pihaknya akan meminta keterangan secara bergantian dimulai dari PT LIB terlebih dahulu pukul 10.00 WIB. Kemudian, dilanjutkan dengan PSSI sekitar pukul 15.00 WIB.

"Dari LIB terlebih dahulu mungkin pagi ini jam 10.00 WIB, kemudian saya dapat konfirmasi nanti PSSI sekitar pukul 15.00 WIB akan datang lengkap ke Komnas HAM. Lalu, broadcaster nanti siang sekitar jam 14.00 WIB," jelasnya.

Selain itu, ahli olahraga juga akan dimintai keterangan oleh Komnas HAM untuk menyelidiki tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Ia berharap, semua pihak terkait dapat hadir dan memenuhi panggilan permintaan keterangan tersebut.

"Iya hari ini (pemanggilan ahli olahraga). Kami prinsipnya hari ini kalau bisa selesai meminta keterangan semua pihak, tinggal nanti menyusun laporan, dan kesimpulan, serta rekomendasi, sehingga paling tidak minggu depan bisa selesai," jelas Beka.