PKB Minta PDIP Hormati Nasdem yang Telah Mencapreskan Anies

Deklarasi Anies Baswedan Capres dari Partai Nasdem.
Deklarasi Anies Baswedan Capres dari Partai Nasdem. (Foto : Nasdem)

Antv –Partai Kebangkitan Bangsa melalui Wakil Ketua Umum DPP PKB, Jazilul Fawaid meminta semua pihak termasuk PDIP untuk menghormati keputusan partai Nasdem yang sudah mendeklarasikan capres Anies Baswedan 2024.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bahkan sempat menyindir warna biru yang diklaim telah lepas dari pemerintahan Presiden Joko Widodo karena telah mencalonkan capresnya sendiri.

"Kita hormati kedaulatan partai, termasuk Nasdem yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024 dengan segala citra, peluang dan risikonya," kata Jazilul kepada wartawan dikutip Rabu (12/10/2022) seperti diberitakan VIVA.co.id.

Jazilul heran dengan narasi biru lepas dari Jokowi, lantaran Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mencalonkan Anies sebagai capres.

"Andaikan karena deklarasi ini disebut lepas, bahkan misalnya keluar dari koalisi atau kabinet, memangnya mau apa? Itu hak penuh Partai Nasdem," kata Wakil Ketua MPR itu.

Bahkan, lanjut Jazilul, Jokowi sendiri tak memiliki hak untuk melarang Nasdem mengusung Anies di pesta demokrasi 2024.

"Saya cuma baca di media, Pak Surya Paloh Ketum Nasdem menyatakan sudah pamit minta izin dan restu dari Pak Jokowi untuk deklarasi Anies Baswedan. Bukannya secara formal, Pak Jokowi juga tidak punya hak untuk melarang Nasdem," kata dia.