Serunya Balap Ojek Gabah Menerabas Lumpur Sawah

Serunya Balap Ojek Gabah Menerabas Lumpur Sawah
Serunya Balap Ojek Gabah Menerabas Lumpur Sawah (Foto : antvklik-Irwansyah)

Antv – Puluhan peserta  mengikuti lomba balap ojek gabah atau Ojek Gabah Trabas, yang digelar di areal persawahan Desa Songkar, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Sabtu dan Minggu tanggal 8-9 Oktober 2022.

Para peserta adu cepat dan adu keahlian menaklukkan sirkuit berlumpur di areal persawahan Desa Songkar.

Para peserta menggunakan sepeda motor modifikasi khusus, membawa muatan gabah dengan menempuh jarak sekitar 4 kilometer dalam empat putaran. 

Banyak peserta yang terjatuh di dalam lumpur dan harus dievakuasi oleh pihak panitia. Ada juga peserta yang gagal mencapai finish karena sepeda motornya mogok dan sebagian mengalami putus rantai.

"Ada sebanyak 45 peserta yang ambil bagian, mereka semuanya adala tukang ojek gabah di wilayah Kecamatan Moyo Utara dan Moyo Hilir atau wilayah "Paroso", kata Ketua Panitia Lomba,  Rahmad Ramdani, kepada tvonenews com Minggu (09/10/2022).

Menurut Rahmad, lomba yang diikuti oleh peserta dari komunitas ojek gabah di Kecamatan Moyo Utara dan Moyo Hilir ini dihelat dengan beberapa kelas yakni kelas A, B,  kelas campuran dan ada kelas Favorite.

"Ini adalah yang pertama kali kita gelar dan baru diikuti oleh komunitas di dua kecamatan saja. Kita akan jadikan ini event tahunan dan tahun depan kita akan gelar lagi dengan peserta dari seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa dan KSB," katanya.